Microsoft Office Word 2010 (untuk selanjutnya disebut MS. Word saja) merupakan sebuah program aplikasi pengolah kata (Word Processor) buatan Microsoft Corporation. MS. Word 2010 merupakan hasil pengembangan dari beberapa versi sebelumnya. MS. Word tampil lebih user friendly dan sudah menggunakan ribbon sebagai standar baru dalam menampilkan menu-nemu tool. Berdasarkan klaim mereka, ribbon adalah sebuah inovasi yang kelak di masa mendatang menjadi sebuah standar bagi tampilan menu.
Gambar 1
Microsoft Office Word 2010
Bagi yang baru bermigrasi dari Word 2003 ke MS. Word 2010 tidak perlu panik dengan pemandangan yang begitu asing tersebut. Anda hanya perlu sedikit adaptasi dan setelah itu, Anda akan merasakan efisiensi dan kemudahan dalam bekerja. Bila Anda kurang percaya, silahkan buka MS. Word 2010, letakkan pointer mouse ke area area menu, kemudian putar tombol gulir. Apakah gerangan yang terjadi? Anda benar! Anda dapat membuka pintu akes ke setiap ribbon hanya dengan putaran tombol gulir saja.
Kembali ke masalah menu icon, MS. Word 2010 mengenal istilah tab, ribbon, dan group dalam menyajikan menu tool. Berbeda dengan Word 2003 dan sebelumnya yang hampir 100% dikuasai Kaum Bar-Bar (Menu Bar dan Toolbar).
Microsoft Office Word 2010 dapat diaktifkan melalui menu Start � All Program � Microsoft Office � Microsoft Word 2010. Atau dapat dilakukan dengan men-double klik icon Microsoft Word 2010 di desktop sehingga akan tampil layar seperti Gambar 1.
1. PERBEDAAN ANTARA TAB, RIBBON DAN GROUP
Tab adalah sederetan menu yang ditandai dengan teks. terdiri dari tab File, Insert, Page Layout, dll. Ribbon adalah sekumpulan menu dalam setiap Tab. Sedangkan Group adalah sekumpulan atau kelompok menu dalam tiap Ribbon yang memiliki kesamaan fungsi. Jadi, Tab menyediakan Ribbon, Ribbon terdiri dari beberapa Group, dan Group terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi.
Gambar 2
Tampilan Tab, Ribbon dan Group pada Word 2010
2. MENGENAL FUNGSI ICON PADA RIBBON HOME
Ribbon Home terdiri dari beberapa Group yaitu, Clipboard, Font, Paragraph, Styles dan Editing.
2.1 Group Clipboard
Group Clipboard terdiri dari sekumpulan menu yaitu:
Gambar 3
Tampilan Group Clipboard
1. Paste : untuk menempelkan hasil copy atau cut.
2. Cut : untuk memotong teks/objek terpilih.
3. Copy : untuk menggandakan teks/objek terpilih.
4. Format Painter : digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.
2.2 Group Font
Menu-menu di Group Font secara khusus berfungsi untuk pemformatan seputar huruf. Terdiri dari :
Gambar 4
Tampilan Group Font
1. Font : untuk memilih jenis huruf
2. Font Size : untuk mengatur ukuran huruf
3. Grow Font : untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
4. Shrink Font : untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
5. Change Case : untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
6. Clear Formatting : untuk menghapus pemformatan teks terpilih
7. Bold : untuk menebalkan teks terpilih
8. Italic : untuk memiringkan Teks terpilih
9. Underline : untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
10. Strikethrough : memberikan tanda coret padateks terpilih
11. Subscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
12. Superscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
13. Text Effect : untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
14. Text Highlight Color : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
15. Font Color : untuk mengatur warna teks terpilih.
2.3 Group Paragraph
Group Paragraph terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur paragraf teks. perintah-perintah di Group Paragraph yaitu:
Gambar 5
Tampilan Group Paragraph
1. Bullets : untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
2. Numbering : untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih
3. Decrease Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
4. Increase Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
5. Left-to-Right : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
6. Right-to-Left : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
7. Sort : untuk menyortir data
8. Show Paragraph Marks : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf
9. Align Text Left : untuk mengatur teks rata kiri
10. Center : untuk mengatur teks rata tengah
11. Align Text Right : untuk mengatur teks rata kanan
12. Justify : untuk mengatur teks rata kanan-kiri
13. Line Spacing : untuk mengatur jarak antar baris teks
14. Shading : untuk mengatur warna latar teks terpilih
15. Border : untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.
2.4 Group Styles
Group Styles terdiri dari dua menu. Yaitu:
Gambar 6
Tampilan Group Styles
1. Heading Styles : berisi pilihan format penjudulan paragraf terpilih
2. Change Styles : berisi pilihan pengaturan tema paragraf
2.5 Group Editing
Secara umum group Editing terdiri dari Find, Replace, dan Select. fungsinya adalah:
Gambar 7
Tampilan Group Editing
1. Find : untuk mencari kata tertentu berdasarkan input keyword tertentu dalam suatu file
2. Replace: untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file
3. Select : digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file
3. MENGENAL FUNGSI ICON PADA RIBBON INSERT
Tab Insert digunakan untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen yang dikelola. Baik berupa objek gambar, tabel, Shape, dan karakter spesial (Symbols). Bahkan dengan tab Insert tersebut, user bisa menyisipkan link ke file yang berada di luar dokumen, bahkan ke internet.
Secara umum perintah yang terdapat di Ribbon Insert terdiri dari 7 Group perintah yang memiliki kesamaan fungsi. Beberapa Group yang terdapat di tab ini adalah: Pages, Tables, Illustrations, Links, Header & Footer, Text, dan Symbols.
3.1 Group Pages
Gambar 8
Tampilan Group Pages
1. Cover Page : Digunakan untuk menyisipkan serta memilih jenis halaman sampul
2. Blank Page : Untuk menyisipkan halaman kosong baru dalam suatu file dokumen
3. Break Page : Untuk memisah suatu halaman file dokumen
3.2 Group Tables
Gambar 9
Tampilan Group Tables
1. Insert Table : Untuk menyisipkan tabel melalui dialog Insert Table
2. Draw Table : Untuk menyisipkan tabel dengan cara menggambar di halaman dokumen
3. Convert Text to Table : Digunakan untuk menjadikan teks terpilih berada dalam tabel
4. Excel Spreadsheet : Untuk menyisipkan tabel dalam bentuk lembar kerja Excel
5. Quick Table : Untuk menyisipkan tabel instan yang sudah tersedia jenis dan bentuknya di dalam MS. Word 2010
3.3 Group Illustrations
Gambar 10
Tampilan Group Illustrations
1. Picture : Digunakan untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komputer
2. Clip Art : Untuk menyisipkan gambar-gambar ilustrasi yang tersedia di library program
3. Shapes : Digunakan untuk menyisipkan objek gambar autoshape
4. SmartArt : Digunakan untuk menyisipkan gambar dalam bentuk organization
5. Chart : Digunakan untuk menyisipkan diagram
3.4 Group Links
Gambar 11
Tampilan Group Links
1. Hyperlink : Digunakan untuk menautkan teks / objek terpilih dengan file lain
2. Bookmark : Digunakan membuat penanda buku
3. Cross-Reference : Digunakan untuk membuat referensi antar file
3.5 Group Header and Footer
Gambar 12
Tampilan Group Header and Footer
1. Header : Digunakan untuk mengatur kepala halaman suatu file
2. Footer : Digunakan untuk melakukan setting terhadap kaki halaman suatu file
3. Page Number : Digunakan untuk melakukan setting terhadap homor halaman
3.6 Group Text
Gambar 13
Tampilan Group Text
1. Text Box : Digunakan untuk menyisipkan kotak yang dapat diisi dengan teks
2. Quick Parts : Digunakan untuk mengatur teks otomatis dan lain-lain
3. WordArt : Digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik
4. Drop Cap : Digunakan untuk menyisipkan huruf kapital besar pada awal paragraf
5. Signature Line : Digunakan untuk menyisipkan tanda tangan digital
6. Date & Time : Digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini
7. Object : Digunakan untuk menyisipkan objek dengan ekstensi OLE (Object Linking Embedded)
3.7 Group Symbols
Tampilan Group Symbols
1. Equation : digunakan untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan, terutama dalam bidang matematika.
2. Symbol : digunakan untuk menyisipkan karakter khusus.
4. MENGENAL FUNGSI ICON PADA RIBBON PAGE LAYOUT
Icon perintah yang terdapat di Tab Page Layout digunakan untuk pengaturan tata letak halaman dokumen Word. Tab ini terdiri dari 5 Group perintah, yaitu : Themes, Page Setup, Page Background, Paragraph, dan Arrange.
4.1 Group Themes
Gambar 15
Tampilan Group Themes
1. Themes : Digunakan untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya.
2. Color : Digunakan untuk mengatur warna tema halaman.
3. Fonts : Digunakan untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen aktif.
4. Effect : Digunakan untuk mengatur tema efek terhadap objek Shape yang terdapat di halaman dokumen.
4.2 Group Page Setup
Menu-menu yang terdapat di group Page Setup disediakan untuk melakukan pengaturan halaman, yakni dalam bidang ukuran kertas, margin halaman, pengaturan kolom teks, dll. Halaman dokumen dapat diatur sesuai dengan keinginan user, terutama untuk melakukan sinkronisasi dengan jenis dan ukuran kertas yang akan digunakan nantinya. Adapun menu perintah yang terdapat di group Page Setup yaitu : Margins, Orientations, Size, Columns, Breaks, Line Numbers, dan Hypenation.
Gambar 16
Tampilan Group Page Setup
1. Margins : Digunakan untuk mengatur batas teks di halaman dokumen.
2. Orientation : Digunakan untuk mengatur posisi kertas.
3. Size : Digunakan untuk mengatur ukuran halaman.
4. Columns : Digunakan untuk mengatur jumlah kolom teks.
5. Breaks : Digunakan untuk mengatur kontinuitas halaman maupun kolom teks.
6. Line Numbers : Digunakan untuk mengatur kontinuitas nomor baris teks.
7. Hypenation : Digunakan untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis.
4.3 Group Page Background
Perintah-perintah di group Page Background digunakan untuk mengatur latar belakang halaman file dokumen yang sedang digarap. Ada tiga menu perintah: Watemark, Page Color, dan Page Borders.
Gambar 17
Tampilan Group Page Background
1. Watermark : Digunakan untuk memberikan efek tanda air di belakang teks.
2. Page Color : Digunakan untuk mengatur warna latar halaman.
3. Page Borders : Digunakan untuk mengatur garis tepi halaman.
4.4 Group Paragraph
Menu perintah di Group Paragraph ini secara umum digunakan untuk pengaturan seputar paragraf teks. Sedangkan perintah-perintah yang terdapat di group ini: Indent, dan Spacing.
Gambar 18
Tampilan Group Page Paragraph
1. Indent : Digunakan untuk mengatur batas teks
2. Spacing : Digunakan untuk mengatur jarak antar paragraf.
4.5 Group Arrange
Secara umum, perintah-perintah di group ini digunakan untuk mengatur: Posisi objek di antara teks, Posisi objek dengan objek lainnya, dan mengatur aliansi objek di halaman dokumen.
Gambar 19
Tampilan Group Page Arrange
1. Position : Digunakan untuk mengatur posisi objek di dalam suatu halaman
2. Wrap Text : Digunakan untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraf teks
3. Bring Forward : Digunakan untuk untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya
4. Send Backward : Digunakan untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya
5. Selection Pane : Menampilkan panel navigasi objek
6. Align : Digunakan untuk mengatur posisi objek lepas
7. Group : Digunakan untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup
8. Rotate : Digunakan untuk memutar, dan membalik suatu objek terpilih
No comments:
Post a Comment