Sunday, June 9, 2013

MEMBERI WARNA PADA ANGKA DENGAN CUSTOM FORMAT

Warna adalah ekspresi yang sangat baik untuk memberi indikator bahwa ada sesuatu yang perlu diperhatikan, terutama jika digunakan untuk menjelaskan data kita di Excel.

Sebagai contoh, warna merah sering digunakan untuk mengindikasikan terjadi penurunan angka penjualan, yang tentunya sangat tidak diinginkan oleh para bos. Warna hitam / hijau sering digunakan untuk hal sebaliknya, memberi indikasi bahwa semua berjalan sesuai yang ditargetkan.

Ok, jadi karena sedemikian pentingnya hal ini, bagaimana kita melakukan pewarnaan sesuai kondisi yang kita inginkan pada Excel ?

Sederhana, artikel berikut akan menunjukkan caranya, dengan menggunakan custom format.

  1. Jalankan program Excel Anda, dan buatlah worksheet baru.
  2. Isikan worksheet Anda dengan data berikut atau download dari sini.

  3. Letakkan cursor pada cell E3, dan buka dialog Format Cells (klik launcher pada tab Home | Number).

  4. Pada tab Number, pilih Custom pada panel Category dan masukkan kode berikut :

    [Color 43]#,##0_);[Red](#,##0)

    Kode ini artinya jika angka bernilai positif maka diberi warna hijau (Color 43), dan jika bernilai negatif diberi warna merah.

    Catatan : Format angka berdasarkan nilai ini lengkapnya dibagi atas 4 bagian dengan pemisahan tanda titik koma. Bagian pertama adalah angka positif, kedua adalah angka negatif, ketiga adalah angka 0, dan keempat adalah teks.
  5. Klik tombol OK untuk menutup dialog. Hasilnya terlihat sebagai berikut.

  6. Gunakan Format Painter untuk menduplikasikan format dari cell E3 tersebut ke cell-cell di bawahnya sehingga hasil akhir terlihat sebagai berikut.

  7. Selesai.
Jika ada pertanyaan terkait artikel ini, silahkan isi melalui komentar berikut atau bergabung ke forum diskusi kami. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tuesday, June 4, 2013

PENGOLAHAN DATA PENJUALAN DATA BARANG DENGAN FORMAT CELL NUMBER EXCEL

Data sebagai berikut :



Selanjutnya kita menambahkan satuan pada masing-masing kolom :
Jumlah barang : buah
Harga satuan dan Total penjualan : Rp

Pengerjaan.

Untuk menghitung total penjualan ketikan =D6*E6 kemudian tinggal di drag kebawah.

Jumlah barang
Select/blok data yang akan dibuat yaitu dari cell D6 s/d D9 Klik Kanan >>>> pilih Format Cell >> Category : Custom >>> Ketikan Type#" buah" 

PrtSc MS Excel


Harga satuan dan Total penjualan

Select/blok data yang akan dibuat yaitu dari cell E6 s/d F9 Klik Kanan >>>> pilih Format Cell >> Category : Currency >>> Symbol Rp


PrtSc MS Excel

Maka hasilnya seperti gambar dibawah ini 


Saturday, June 1, 2013

Macro Excel || Memberi Tanda Ganda pada Excel

Macro Excel VBA sebagai pengganti conditional formating. Pada tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat macro untuk data yang ganda yang biasa Anda gunakan adalah conditional formating namun kali ini saya akan membuat macro vba untuk menandai atau mewarnai data yang dianggap ganda.
Excel merupakan program untuk mengolah data terutama angka, nah bagaimana jika ketika Anda menginput data ribuan atau dikenal disini input database misalnya data pegawai, data pemilih, data siswa, data penduduk dan sebagainya. Tentu saja kesalaan mungkin terjadi ketika data sudah dimasukan naman Anda memasukan kembali data tersebut tanpa disadari.

Nah, bagaimana mensiasati data ganda tersebut menggunakan macro? baiklah inilah script macro vba untuk memberi tanda dengan warna jika terjadi data yang diinput adalah ganda

'Macro excel | Menandai Data ganda
'www.belajar-office07.blogspot.com
'Yatna Supriyatna

Sub DataGanda()
    With Selection
        .FormatConditions.Delete
        .FormatConditions.AddUniqueValues
        .FormatConditions(1).DupeUnique = xlDuplicate
        .FormatConditions(1).Interior.Color = RGB(255, 0, 0)
    End With
End Sub

Anda tinggal copy pastekan saja script vba tersebut ke ms. visual basic editor vba Anda caranya adalah sebagai berikut
  1. Klik menu developer kemudian klik juga View Code ini adalah cara menampilkan visual basic editor
  2. Langkah kedua Anda double klik ThisWorkbook kemudian ketikkan script vba seperti diatas atau copy paste kan saja scriptnya
  3. Coba anda ketikkan beberapa data seperti contoh gambar berikut, data yang dianggap ganda akan ditandai dengan warna merah, tetapi jika tidak ganda maka diabaikan saja
Mudah, bukan, coba Anda perhatikan angka 4, 5, dan 8 atau huruf a dan d ditandai dengan warna merah secara otomatis ketika memasukan atau mengetikkannya. Hal ini dihasilkan dari penulisan macro vba diatas, silakan Anda coba agar lebih mengerti. Jika mengalami kesulitan atau ada pertanyaan silakan komentar dibawah

Untuk video tutorial ini akan saya upload nanti kebetulan internetnya lagi lemod, so nunggu normal aja.

Tuesday, May 21, 2013

Cara Memisahkan dan Menggabungkan Kata dengan Rumus Excel

Memisahkan kata maksudnya disini adalah memisahkan sebuah kata pada satu cell untuk menghindari penghapusan secara manual satu persatu. Misalnya memisahkan kode pos dengan alamat atau memisahkan NIP dengan nama pegawai/guru

Cara Memisahkan Kata dengan rumus Excel

Untuk memisahkan kata yang ada pada sebuah cell misalnya saya contohkan pada sebuah cell terdiri dari alamat dan kode pos. Lihatlah contoh gambar berikut ini

Setelah Anda tuliskan seperti contoh gambar diatas ikuti langkah-langkah memisahkan kata atau teks berikut ini
  1. Letakkan pointer di cell D2 kemudian tulislah tumus =LEFT(C2;(LEN(C2)-LEN(RIGHT(C2;5))))
  2. Kemudian tekan Enter dan silakan copykan rumus tersebut sampai cell D5 sehingga hasilnya seperti gambar berikut
  3. Untuk cell D4 dan D5 data tersebut belum dapat dipisahkan karena DATA 2 memiliki data berbeda yaitu kode pos yang memiliki karakter sebanya 5 sedangkan untuk NIP memiliki karakter lebih dari 5 sehingga Anda perlu merubah rumus menjadi di cell D4 menjadi =LEFT(C4;(LEN(C4)-LEN(RIGHT(C4;25)))) dan silakan lihat hasilnya

Mudah bukan bagaimana cara memisahkan kata atau teks di Ms. Excel?

Cara Menggabungkan Teks atau Kata di Ms. Excel

Kalau Anda bisa memisahkan kata atau teks di Excel pada suatu cell tentu ada kalanya dibutuhkan untuk memisahkan kembali karena tidak mungkin data yang begitu banyak Anda menghapus satu per satu tiap cell. Nah, langkap untuk menggabungkan teks atau kata ini silakan ikuti langkah berikut

  1. Masih menggunakan data diatas agar bisa terlihat seperti gambar nomor 1 diatas pada kolom GABUNGKAN atau kolom C tertulis "Rajagaluh 45472" nah, agar hasil bisa sama seperti gambar diatas silakan ketikkan rumus =CONCATENATE(A2;" ";B2) ingat dalam tanda kutif dikasih space agar kata dari cell A2 dan B2 dibatasi dengan space.
  2. Tekan enter kemudian copykan data sampai ke cell C5 sehingga akan tempak seperti gambar berikut
  3. Untuk penggabungan Nama dan NIP seperti di cell C4 dan cell C5 Anda ganti rumus menjadi =CONCATENATE(A4;" NIP ";B4) kemudian tekan enter dan copykan juga sampai ke cell C5 sehingga hasilnya akan tampak seperti berikut
Demikian trik dan tutorial excel untuk cara menisahkan dan menggabungkan kata di Ms. Excel semoga artikel ini bisa membantu. Jika ada pertanyaan atau masalah silakan komentar di bawah

Friday, May 17, 2013

Trik Excel | Cara Menyembunyikan dan Memunculkan Sheet

Trik Excel kali ini saya akan berbagai bagaimana cara menyembunyikan sheet dari sebuah data di excel dengan tujuan sheet tersebut mengandung data rahasia dan bagaimana cara memunculkan sheet yang tersembunyi dengan tujuan menampilkan data sheet yang disembuntikan oleh pembuat aplikasi di Ms. Excel

Cara Menyembunyikan Sheet

  1. Klik kanan pada sheet yang akan disembunyikan sehingga akan muncul menu seperti gambar berikut
  2. Klik Hide maka sheet yang diklik kanan akan disembunyikan lihatlah gambar dibawah ini sheet yang sembunyikan yaitu sheet 1

Cara Memunculkan Sheet

Langka-langkah memunculkan atau menampilkan sheet yang tersembunti atau hide
  1. Klik kanan salah satu sheet yang tampil kemudian pilih Unhide
  2. Jika selesai maka akan tampil seperti gambar berikut
  3. Anda pilih sheet yang akan ditampilkan atau dimunculkan, dalam tutorial ini sheet yang tersembunyi adalah sheet 1 seperti terlihat pada gambar diatas. Jika sudah dipilih silakan klik tombol OK
Gambar diatas menunjukan bahwa sheet 1 sudah ditampilkan.
Demikian Trik Excel kali ini semoga bermanfaat dan silakan dicoba semoga berhasil jika ada pertanyaan silakan komentar dibawah yaw...

3 Cara Menulis Rumus di Microsoft Excel 2007

Ada beberapa cara untuk menuliskan rumus/formula dalam excel.

Cara Pertama:
  • cell untuk mengaktifkan cell yang akan diberi rumus
  • Kemudian ketikkan rumus yang anda inginkan pada formula bar, contoh : =A5-B5
Cara Kedua:
  • Klik cell untuk mengaktifkan cell yang akan diberi rumus
  • Ketikkan sama dengan (=) pada keyboard. (disertai rumus tertentu jika perlu).
  • Kemudian klik cell tujuan pertama.
  • Ketikkan operator melalui keyboard
  • Kemudian klik cell tujuan kedua.
Cara Ketiga:
  • Klik cell untuk mengaktifkan cell yang akan diberi rumus
  • Klik tombol insert function yang berada disebelah kiri formula bar, sehingga muncul kotak dialog.
  • Pada bagian select category pilih kategori rumus.
  • Kemudian pada bagian Select a function pilih rumus/fungsi yang diinginkan.
  • Klik tombol OK, dan isikan data yang diperlukan.
  • Klik OK.
Silakan gunakan cara yang paling mudah dan cepat yang menurut anda paling mudah, semoga bisa membantu

Thursday, May 16, 2013

Membuat Aplikasi SKKB dengan Excel

Download Aplikasi Excel Gratis untuk membuat SKKB alias Surat Keterangan Kelakuan Baik. Aplikasi SKKB dengan menggunakan program excel yang banyak digunakan di kalangan perkantoran pemerintahan maupun swasta.

Download Aplikasi SKKB (Surat Keterangan Kelakukan Baik)
Screenshoot aplikasi SKKB menggunakan macro Excel

Aplikasi ini dibuat terinspirasi dari banyaknya permintaan dari siswa di salah satu sekolah SMA khususnya untuk kelas XII yang telah menempuh Ujian Nasional dan Ujian sekolah dan  biasanya apabila siswa tersebut akan bekerja ataupun melanjutkan ke Perguruan Tinggi akan meminta surat keterangan kelakukan baik atau disingkat SKKB.

Aplikasi ini dirancang menggunakan excel dan menggunakan beberapa rumus sehingga aplikasi SKKB ini siap pakai dan apabila siswa memeerlukan surat keterangan kelakuan baik cukup masukan saja nama siswanya saja.

Kelebihan Aplikasi SKKB 2013 dengan Excel

Aplikasi SKKB ini ditambahkan dengan script macro yang memberikan fasilitas pencarian data siswa dari sebuah database siswa yang biasanya ada pada US1 di sekolah masing-masing. sehingga TU atau staf operator bisa mencari data siswa secara cepat.

Berikut tampilan dari aplikasi SKKB 2013

Gb. Format Surat Kelakuan Baik



Gb. Data Input siswa yang akan membuat SKKB di sekolah

 

Gb. Database Siswa dari US1

Gb. Form Pencarian Data Siswa

Kelebihan dari aplikasi ini yaitu dilengkapi dengan fasilitas pencarian, dengan hanya mengetikan data beberapa huruf di kolom nama siswa maka akan secara otomatis nama tersebut muncul yang diperjelas dengan tampilan data tanggal lahir.

Ok, segitu saja aplikasi data siswa ini barang kali saja ada yang berminat menggunakan aplikasi SKKB 2013 ini silakan komentar dibawah ya.

Tuesday, May 14, 2013

Macro Excel - Copy Data Range dengan Cepat

Script macro VBA di excel untuk mengcopy data secara cepat dari sebuah range ke range yang ditentukan

Script VBA untuk copy data dari sebuah range di Excel



Demikian contoh script VBA untuk copy data range di Excel secara cepat tanpa klik tombol copy silakan dicoba sudah saya praktekkan script ini berhasil mengcopy data ke range yang telah ditentuka. Silakan lihat juga kumpulan script macro excel yang dibutuhkan lainny.

Lebih jelasnya silakan lihat dan download contoh macro di bawah ini sebagai bahan latihan
DOWNLOAD DATA MACRO

Friday, May 10, 2013

Macro VBA | Print dan Print Preview Data Excel

Script macro VBA di excel untuk melihat tampilan data atau print preview serta cetak atau printout suatu data range di Ms. Excel.

Script VBA untuk PrintPreview data di Excel


Script VBA untuk Print Out atau cetak data di Excel



Demikian contoh script VBA untuk mencetak data di Excel silakan dicoba sudah saya praktekkan script ini berhasil mencetak baik pint preview maupun printout.

Friday, May 3, 2013

Rumus Menghitung Jumlah KK yang Sama Pada Pemilu 2014

Fungsi dari rumus excel ini adalah untuk menghitung jumlah data yang sama pada suatu range sehingga tidak usah menghitung secara manual satu per satu pada sebuat database data pemilih di pemilu Presiden, Legislatif maupun Bupati.

Bentuk penulisan dari rumus excel ini adalah sebagai berikut :

Beberapa hari yang lalu ada inbox yang masuk dari google plus pecinta excel menhadapi beberapa permasalah dalam pengolahan data pemilih pada Pemilu Legislatif tahun 2014 nanti. Kebetulan saya juga diberi tugas dalam mengolah data pemilu tersebut. Ada beberapa hal yang perlu dirumuskan dalam mengolah database atau daftar pemilih yang bertujuan untuk memudahkan dan mempercepat proses pengolahan data tersebut. Misalnya saja dari data tersebut ingin diketahui berapa jumlah hak pilih laki-laki dan berapa jumlah hak pilih perempuan, berapa jumlah daftar pemilih dari tiap TPS? Berapa jumlah hak pilih seluruh, berapa jumlah data keluarga yang sama data kartu keluarganya.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas pertanyaan yang terakhir yaitu Berapa jumlah data yang memiliki KK (Kartu Keluarga) yang sama dari Daftar Pemilih Sementara (DPS)?. Untuk mengetahui data tersebut tentu dalam pengolahan data menggunakan excel harus menggunakan rumus, karena tidak mungkin PPS atau PPK harus menghitung satu per satu jumlah KK yang sama. lalu bagaimana rumusnya? OK mari kita bahas.

  1. Lihat data seperti gambar berikut
  2. Pada kolom B terlihat Nomor Kartu Keluarga (KK) yang merupakan nomor unik setiap keluarga. Coba Anda tuliskan B26 "Jumlah KK" kemudian tulislah rumus di cell C26 dengan formula =SUMPRODUCT(1/COUNTIF(B14:B23,B14:B23) )
  3. Rumus excel tersebut akan menghasilkan berapa jumlah data yang sama (jumlah KK) pada suatu data atau range. Anda tinggal menekan enter kemudian lihat hasilnya
  4. Anda perhatikan datanya ! hasil dari rumus sumproduct tersebut akan menghasilkan angka 3 karena jumlah KK yang memiliki nomor KK yang sama adalah berjumlah 3 dari 10 data.



Mudah bukan? Semoga artikel ini bisa membantu bagi para pecinta excel dalam mengolah data Pemilih di Pemilu 2014. Buat Pak Zulfahmi, SE mungkin ini yang Anda maksud. Untuk menghitung umur dan berapa jumlah laki-laki dan perempuan akan saya bahas nanti pada artikel berikutnya.

Lihat juga artikel bagaimana cara membuat laporan cepat pada proses penghitungan suara Pemilu. DISINI

Monday, April 29, 2013

Rumus Untuk Membulatkan Angka ke Bawah

Rumus Excel untuk membulatkan angka kebawah dengan menggunakan fungsi Int. Bentuk penulisan dari fungsi excel ini adalah :




Dalam Ms. Excel sering ditemukan beberapa angka di belakang koma misalnya Anda memiliki data dalam beberapa range sebagai berikut :
15.5
6.5
8.25
7.4

data tersebut semuanya di bagi dua maka akan menghasilkan angka decimal yang memiliki beberapa angka di belakang koma. Hasil dari pembagian tersebut akan menghasilkan nilai sebagai berikut :
Perhatikan gambar hasil dari pembagian diatas, angka dari hasil tersebut memiliki beberapa angka di belakang koma.

Bagaimana cara membulatkan kebawah dari angka tersebut?
untuk membulatkan angka tersebut kita gunakan formula =int( ) Lihatlah gambar berikut ini :
Langkah berikutnya tekan enter kemudian copykan rumus tersebut ke bawah sampai pada cell D5 dan lihat hasilnya.

Agar lebih mudah dalam belajar bagaimana cara membulatkan angka ke bawah silakan lihat video tutorial tentang bagaimana cara membulatkan angka ke bawah di Ms. Excel

Sunday, April 28, 2013

Video Tutorial Menghapus Worksheet di Ms. Excel

Video Tutorial Menghapus Worksheet di Ms. Excel

Video ini merupakan cara bagaimana menghapus worksheet dengan cepat di Ms. Excel menggunakan klik kanan.

Tuesday, April 16, 2013

Rumus Menggabungkan Dua Buah Kata pada Excel dengan Concatenate

Rumus fungsi teks untuk menggabungkan dua  buah kata atau lebih dengan menggunakan rumus CONCATENATE pada Ms. Excel. Rumus concatenate biasa digunakan untuk menggabungkan beberapa kata tentunya lebih dari satu menjadi satu pada cell tertentu.


Penggunaan concatenate ini yang paling sering digunakan adalah untuk menggabungkan antara tempat lahir dan tanggal lahir. Contoh penggunaan rumus ini silakan perhatikan gambar berikut ini
Pada cell A2 tertulis "Majalengka" dan di cell B2 tertulis "02-05-1982" data dari cell A2 dan B2 akan digabungkan di cell C2 tanpa mengetik ulang data tersebut dengan menggunakan formula =CONCATENATE(A2,B2) kemudian tekan enter. Hasilnya akan tempak seperti gambar di bawah ini


hasil yang tampak pada gambar diatas sepertinya tampak kurang rapi yaitu setelah nama tempat lahir "Majalengka" langsung tertuliskan "02-05-1982" tanpa menggunakan space sehingga terlihat kurang bagus. untuk mengatasi masalah tersebut Anda harus menambahkan karakter space dengan sedikit menambahkan formula pada rumus tersebut sehingga rumus penggabungan cell menjadi =CONCATENATE(A2," ",B2) kemudian tekan enter dan lihat hasilnya yang semula "Majalengka02-05-1982" menjadi "Majalengka 02-05-1982".

Demikian bagaimana menggabungkan dua buah kata atau lebih pada cell yang berbeda di Ms. Excel menjadi satu pada sebuah cell yang sama. semoga artikel singkat ini bermanfaat.



Monday, April 15, 2013

Membuat Aplikasi Data dan Profil Siswa Versi Excel 2007 Gratis

Aplikasi data dan profil siswa ini sebenarnya sudah saya bahas pada blog ilmu excel, namun saya akan coba memberikan uraian dan cara membuat aplikasi data dan profil siswa ini tanpa menggunakan macro atau VBA.

Aplikasi ini saya berinama Aplikasi Data Siswa Ver.02 sebab pada aplikasi Ver.01 tidak saya sertakan database siswa secara lengkap. Saya yakin dan setelah diuji browsing di mbah google banyak sekali yang posting aplikasi yang sudah saya buat tersebut. Aplikasi ini sengaja saya gratiskan disertai dengan cara membuatnya. Aplikasi ini tidak jauh berbeda pada aplikasi excel yang pernah saya bahas pada blog terdahulu. Ok untuk lebih jelasnya lagi lihatlah screen shoot dari aplikasinya



Dari tampilan aplikasi diatas sangat sederhana sekali hanya dengan memasukan NIS maka akan terlihat nama dan profil siswa secara otomatis dan ini terjadi karena data yang diambil adalah database siswa yang telah dimasukan tersebut.

Bagaimana cara membuat Aplikasi Data dan Profil Siswa ini ?

Aplikasi ini terdiri dari 3 buah sheet yang pertama adalah Sheet Aplikasi, yang kedua adalah Sheet DB, dan yang ketiga adalah Sheet DATA. Untuk membuatnya silakan ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buatlah desain pada Sheet 1 seperti gambar berikut ini kemudian beri nama pada sheet1 dengan cara merename menjadi "Aplikasi"
  2. Langkah berikutnya silakan klik pada Sheet 2 dan buat tabel database siswa yang terdiri dari NIS, Nama, Jenis Kelamin, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Orangtua, dan Alamat. Kira-kira seperti terlihat pada gambar berikut ini kemudian rename nama sheet menjadi "DB" untuk mengganti nama sheet silakan lihat pada artikel Cara mengganti nama sheet.
  3. Pada sheet 3 buatlah data sekolah untuk memasukan nama sekolah kira-kira seperti gambar berikut
  4. Langkah berikutnya adalah membuat 3 buah tombol dengan menggunakan Shapes yang terdiri dari tombol Aplikasi, tombol, Database, dan tombol Data Utama. Ketiga tombol tersebut dibuatkan link yang mengarah kepada masing-masing sheet. Untuk cara membuat link di Excel silakan lihat di artikel saya yang lain.
  5. Langkah berikutnya adalah membuat rumus pada sheet aplikasi agar nama siswa otomatis muncul sesuai dengan database siswa yang dibuat pada cell E5 dengan menggunakan formula =IF(ISBLANK(E4),"",VLOOKUP(E4,DB!$A$6:$B$310,2,FALSE))
  6. Langkah ke-6 adalah membuat rumus untuk menampilkan profil siswa secara otomatis ketika memasukan NIS. Untuk membuat hal tersbut tulislah tumus di cell E6 dengan formula =IF(ISBLANK(E4),"",E5&" adalah siswa "&DATA!A3&" tempat lahir di "&IF(ISBLANK(E4),"",VLOOKUP(E4,DB!$A$6:$G$310,4,FALSE)&" tanggal "&IF(ISBLANK(E4),"",VLOOKUP(E4,DB!$A$6:$G$310,5,FALSE)&", jenis kelamin "&IF(ISBLANK(E4),"",VLOOKUP(E4,DB!$A$6:$G$310,3,FALSE)&", anak dari "&IF(ISBLANK(E4),"",VLOOKUP(E4,DB!$A$6:$G$310,6,FALSE)&" bertempat tinggal di "&IF(ISBLANK(E4),"",VLOOKUP(E4,DB!$A$6:$G$310,7,FALSE)))))))
  7. Langkah terakhir simpailah hasil pekerjaan Anda jangan sampai keburu mati lampu, nanti harus diulang lagi...
Oke, cukup sekian bagaimana cara membuat aplikasi data dan profil siswa menggunakan Excel tanpa Macro. Semoga Anda bisa dan mengerti apa yang saya uraikan diatas. Atau jika Anda tidak paham dengan tutorial diatas silakan download File Excel dari aplikasi data siswa yang sudah saya buat ini

DOWNLOAD APLIKASI

atau bisa download pada link ini
APLIKASI_DATA_PROFIL_SISWA_V.02.xls

Jika Anda bermasalah, silakan koment di bawah yah... semoga bermanfaat. Jangan lupa silakan lihat juga aplikasi Kasir Model Excel dan Aplikasi Data Base Siswa

Rumus Right-Len-Find-Substitute untuk Mencari Kata di Excel

Fungsi rumus teks untuk mengolah kata di Ms. Excel diantaranya adalah rumus yang akan dibahas pada posting kali ini. Rumus ini biasanya digunakan untuk mencari sebuah kata dengan menggunakan beberapa fungsi penggabungan rumus teks yaitu menggunakan rumus RIGHT, LEN, FIND, SUBSTITUTE.

Rumus untuk mencari kata terkahir pada sebuah cell di Ms. Excel menggunakan penggabungan beberapa rumus excel. Rumus yang digunakan terdiri dari 4 buah rumus antara lain :

Right

Len

Find

Substitute


Caranya sebagai berikut :
  1. Tulis nama lengkap di cell B2 dan nama terakhir di cell C2
  2. Kemudian tulis pula beberapa contoh nama lengkap seperti gambar berikut
  3. Pada cell C2 Anda tuliskan rumus  =RIGHT(B3,LEN(B3)-FIND("#",SUBSTITUTE(B3," ","#",LEN(B3)-LEN(SUBSTITUTE(B3," ","")))))

  4. Jika selesai tekan enter kemudian copykan rumus tersebut sampai di cell C5 dan silakan lihat hasilnya akan tampak seperti gambar berikut 


    Coba Anda perhatikan hasilnya, nama Ahmad Rustandi Subagyo memiliki nama trakhir Subagyo ini merupakan hasil dari rumus yang Anda tuliskan diatas. Cukup mudah bukan? semoga Anda bisa mengerjakan dan menyelesaikan masalah excel yang lebih rumit lagi dengan melihat contoh penggabungan rumus diatas.

    Untuk lebih memudahkan dalam belajar excel silakan download contoh dari rumus right, len, find, dan substitute berupa file excel.



    Demikian tutorial excel kali ini semoga bisa membantu.

Monday, April 8, 2013

Mengenal Macro di Ms. Excel

Mengenal lebih detail tentang Macro di Excel, Salah satu kelebihan Microsoft Excel adalah adanya satu fasilitas yang bernama macro. Fasilitas ini mempunyai fleksibilitas dimana user dapat membentuk dan mengarahkannya untuk berbagai macam kepentingan dalam koridor otomatisasi. Dari yang sederhana sampai yang mampu berreplikasi seperti virus macro. Macro juga mampu membuat aplikasi-aplikasi excel yang cukup sempurna.

Apa Sih macro itu ?


Macro merupakan kumpulan perintah - perintah dalam Excel yang dirangkai menjadi satu perintah. Macro berupa script dengan menggunakan bahasa pemrograman VB Sehingga pekerjaan yang berulang - ulang dapat dilakukan secara otomatis dan mudah. Hal ini akan sangat menguntungkan ketimbang melakukan perintah - perintah secara satu per satu dan berulang - ulang. Contoh yang sederhana misalnya pembaca sering menuliskan suatu kata atau kalimat yang sama secara terus - menerus, maka yang semacam ini dapat dibuatkan macronya sehingga pekerjaan mengetik menjadi lebih cepat dan mudah serta tidak membuang - buang waktu.

Cara Mengaktifkan Macro Bawaan Microsoft Excel


Sebenarnya semua perintah - perintah yang ada dalam Excel merupakan macro. Misalnya ketika pembaca memilih menu File kemudian Save, maka Excel akan menjalankan macro yang bernama FileSave. Begitu juga ketika pembaca memilih menu Help kemudian About Microsoft Excel, maka akan dijalankan macro HelpAbout sehingga tampil kotak About Microsoft Excel. Cobalah jalankan aplikasi Excel kemudian pilihlah Office button kemudian klik excel options, maka akan dihadapkan pada kotak dialog excel options. Selanjutnya pada kotak tersebut ceklis show developer tab in the ribbon kemudian klik OK sehingga akan muncul menu Depelover di menu Excel.

Bila seorang user membuat sebuah macro dengan nama yang sama dengan nama macro yang telah ada dalam Excel commands, maka Microsoft Excel akan mendahulukan macro yang dibuat oleh user.

Bagaimana Cara Membuat Macro


Ada dua cara untuk membuat macro; menggunakan macro recorder atau menggunakan editor Visual Basic yang telah disertakan saat pembaca menginstall Microsoft Excel.

Membuat Macro Menggunakan Macro Recorder

Pada menu depelover silakan klik sub menu Record Macro


Membuat macro menggunakan Visual Basic Editor

perhatikan berikut ini, untuk menampilkan gambar seperti di bawah ini anda cukup klik menu developer kemudian klik sub menu Visual Basic maka akan muncul gambar seperti berikut ini

Demikian artikel tentang mengenal Macro Excel ini semoga Anda bisa belajar membuat macro excel untuk lebih memaksimalkan Ms. excel. Untuk lebih jelasnya silakan lihat contoh-contoh macro buatan jago-office.

Contoh Macro Excel - Nonaktifkan Klik Kanan
Macro membuat tanggal Otomatis

Sunday, April 7, 2013

Beberapa Rumus Excel Fungsi Matematika

Rumus Excel sebagai fungsi Matematika. Beberapa contoh rumus dan penggunaan dari rumus excel sebagai fungsi matematika.
Fungsi Matematika
Rumus Average
Rumus Int
Rumus Mod
Rumus Rand
Rumus Round
Rumus Sum

Penjelasan dan contoh penulisan rumus excel sebagai fungsi matematika
    • Fungsi Rumus Average
      Rumus Average digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari suatu deretan data angka dari sebuah range. Bentuk penulisan dari rumus mencari nilai rata-rata adalah =average(range). Contoh kasus dari penulisan rumus excel average silakan lihat pada artikel.Rumus Mencari Nilai Rata-Rata
      • Rumus Int
        Fungsi Rumus Excel Int adalah untuk membulatkan nilai/data berupa angka. Pembulatan ini biasanya dilakukan kebawah kepada interger ke bawah. Pembulatan angka ini artinya nilai angka pada digit di belakang koma. Bentuk penulisan dari rumus Int adalah =int(number).
        • Rumus Mod
          Fungsi dari rumus mod adalah sisa hasil bagi dari suatu data angka. Bentuk dari penulisan rumus mod adalah =mod(number,divisor) atau dalam bagasa Indonesia nya adalah =mod(angka,pembagi). Jika pembagi bernilai 0 maka rumus akan mengalami error berupa #DIV/0!
          • Rumus Rand
            Fungsi excel dari rumus rand adalah digunakan untuk menggenerate angka secara acak. data angka ini mulai dari 0 sampai dengan 9. Bentuk penulisan dari rumus acak ini adalah =rand(angka)
            • Rumus Round
              Fungsi dari rumus exel Round adalah digunakan untuk membulatkan data angka dengan digit tertentu. Bentuk penulisan dari rumus round pembulatan angka adalah =round(number,digit)
              • Rumus Sum
                Fungsi rumus sum digunakan untuk mengjumlahkan data angka dari suatu deretan data atau range tertentu.Bentuk penulisan dari rumus penjumlahan adalah =sum(range)
              Untuk contoh dari rumus-rumus fungsi matematika excel diatas lebih jelasnya akan saya bahasa pada artikel-artikel excel lain postingan berikutnya. Tunggu dan tetap belajar excel di blog jago office.

              Thursday, April 4, 2013

              Modul Excel Cek Cell Kosong

              Download Modul Excel untuk cek cell yang kosong atau tidak berisi data berupa file .doc atau Ms. Word. Artikel lengkap silakan lihat bagaimana cara cek nilai yang kosong dengan fungsi rumus Isblank

              Rumus Cek Cell Kosong dengan Isblank.docx
              atau klik link DISINI

              Untuk latihan silakan Download juga contoh file excel DISINI

              Rumus Excel Cek Cell Kosong dengan Isblank

              Fungsi rumus isblank adalah mendeteksi atau mengecek apakah cell yang dituju tidak berisi data ataukah berisi data. Jika berisi data maka akan menghasilkan FALSE tetapi jika cell tersebut kosong maka akan menghasilkan nilai TRUE. Data yang dimaksud disini adalah semua data yang berisi karakter apapun termasuk space.

              Bentuk penulisan dari rumus Isblank adalah :
              =ISBLANK(CELL)

              Contoh coba tuliskan data seperti gambar di bawah ini
              Di cell C2 tuliskan rumus dengan formula =ISBLANK(B2) kemudian tekan enter sehingga akan tampak seperti gambar berikut


               Langkah berikutnya silakan copykan rumus diatas dengan cara menariknya kebawah sampai cell C8 dan perhatikan hasilnya.

              Jika kita lihat dari data gambar diatas bahwa cell yang kosong akan menghasilkan nilai TRUE dan cell yang berisi data akan menghasilkan nilai FALSE. Perlu diingat bahwa space dikatakan sebuah karakter jadi jika kita menekan spasi pada cell B2 maka data yang ada di cell B2 bernilai FALSE.

              Silakan Download Modul dan Contoh Penggunaan Rumus Isblank

              Tuesday, April 2, 2013

              Rumus Excel sebagai Fungsi Informasi

              Rumus excel sebagai fungsi informasi memiliki beberapa jenis rumus yang sering digunakan dalam mengetahui informasi dengan menggunakan rumus-rumus excel. Berikut beberapa rumus excel yang digunakan sebagai fungsi informasi :



              COUNTBLANK
              ERROR.TYPE
              INFO
              ISBLANK
              ISERR
              ISERROR
              ISEVEN
              ISLOGICAL
              ISNA
              ISNONTEXT
              ISNUMBER
              ISODD
              ISREF
              ISTEXT
              N
              NA

              Untuk contoh dari rumus excel sebagai fungsi informasi silakan klik link diatas saya akan berikan contoh dan bentuk penulisan dari tiap-tiap rumus diatas.

              Rumus Excel Lengkap
              Fungsi Excel Database
              Pengolahan Data Tanggal dan Waktu di Excel

              Macro Excel : Nonaktifkan Fungsi Klik Kanan

              Tutorial kali ini saya akan memberikan script bagaimana menonaktifkan fungsi klik kanan pada cell atau lembar kerja Ms. Excel dengan menggunakan Macro. Script macro excel ini akan menampilkan sebuah pesan dimana user akan memberikan informasi bahwa klik kanan di worksheet atau lembar kerja excel tidak bisa di klik kanan (disable klik kanan).

              Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut
              1. Aktifkan VBA editor di excel. Lihat cara mengaktifkan macro
              2. Tulis script macro VBA di bawah ini pada

              3. 'Cara menonaktifkan klik kanan
                'Programer : Yatna Supriyatna
                'belajar-office07.blogspot.com

                Private Sub Worksheet_BeforeRightClick(ByVal Target As Range, Cancel As Boolean)
                Cancel = True
                MsgBox "Maaf klik kanan di excel ini saya nonaktifkan, terima kasih."
                End Sub


                Tutup VBA editor kemudian coba klik kanan di sembarang cell maka akan muncul pesan "Maaf klik kanan di excel ini saya nonaktifkan, terima kasih."